5 Makanan yang Mengandung Zat Besi Tinggi

5 Makanan yang Mengandung Zat Besi Tinggi

Zat besi merupakan mineral penting yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah. Sebab itulah, mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi akan sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian guna menjaga kesehatan tubuh.

Keberadaan zat besi sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Dalam kasus kekurangan zat besi, gejala anemia seperti pusing, kelelahan ekstrim, kulit pucat dan bahkan masalah pernapasan dapat terjadi. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya Anda memenuhi kebutuhan zat besi harian dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan di bawah ini.

1. Daging Merah

Meskipun harus dimakan dalam jumlah sedang, salah satu sumber zat besi yang paling mudah ditemukan adalah daging merah atau daging sapi. Menurut data pangan Indonesia, 100 gram daging berlemak mengandung sekitar 2,7 miligram zat besi. Sedangkan untuk  100 gram daging sapi yang rendah lemak mempunyai kandungan zat besi sebanyak 2,9 miligram.

Tentu saja, daging merah bisa menjadi sumber zat besi yang baik. Faktanya, penelitian yang diterbitkan pada tahun 2016 menemukan bahwa orang yang sering makan daging merah memiliki resiko kekurangan zat besi yang lebih rendah.

2. Bayam

Apakah Anda salah satu orang yang suka makan bayam? Sayuran bayam, meski rendah kalori, merupakan sumber zat besi terbaik, lho! Sebanyak 100 gram bayam yang telah dikukus dapat memberi tubuh Anda 5,7 miligram zat besi.

Menariknya lagi, dalam 100 gram bayam mempunyai kandungan zat besi tiga kali lipat dari telur rebus dengan berat yang sama. Jadi jika Anda tidak bisa makan daging, Anda tidak perlu khawatir kekurangan zat besi. Seperti yang Anda bisa berkeliling makan makanan yang mengandung zat besi dengan makan bayam.

3. Hati

Sebenarnya banyak sekali jeroan yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber zat besi. Namun, salah satu hati yang paling umum dikonsumsi adalah pada daging sapi, ayam, atau bebek. Dalam 100 gram hati sapi segar, kandungan zat besinya 4 miligram.

Sementara itu, dalam 100 gram hati ayam segar, kandungannya lebih tinggi, mencapai 15,8 miligram. Selain itu, hati juga mengandung mineral lain yang tidak kalah pentingnya, seperti kalium, fosfor dan kalsium.

4. Tahu

Tahu adalah makanan kaya zat besi terbaik untuk vegan. Hal ini dikarenakan kedelai digunakan sebagai bahan baku pembuatan tahu. Dalam 100 gram kedelai mentah mengandung lebih dari 6,9 miligram zat besi.

Berdasarkan data komposisi pangan Indonesia yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan RI, sebanyak 2 buah tahu ukuran sedang seberat 100 gram mengandung 3,4 mg zat besi. Cukup makan dua potong tahu untuk memenuhi 20% kebutuhan zat besi harian Anda.

5. Kentang

Kentang adalah sumber zat besi yang baik. Kandungan zat besi pada kentang ternyata lebih kaya di kulitnya. Karena itu, saat memasak kentang, kentang harus dimasak dengan kulitnya. Satu kentang besar yang tidak dikupas mengandung 2,9 miligram zat besi.

Dari angka tersebut, bisa memenuhi 16 persen kebutuhan zat besi harian Anda. Akan tetapi hal yang harus Anda perhatikan adalah jangan sampai menggunakan minyak atau mentega saat mengolah kentang tersebut. Sebab, minyak akan meningkatkan kadar lemak dan kalori pada makanan dari olahan kentang.

Nah itu dia beberapa jenis makanan yang mengandung zat besi tinggi. Mengingat pentingnya zat besi untuk tubuh, memenuhi asupan zat besi harian sangatlah dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Related Posts