Manfaat Bubur Tim Bagi Balita Anda, Apa Saja?

Manfaat Bubur Tim Bagi Balita Anda, Apa Saja?

Pemberian bubur tim diperbolehkan asal sudah mencukupi usianya. Masa-masa MPASI Anda harus sangat kreatif agar si kecil mau menghabiskan makanan yang disajikan. Menanak nasi yang digunakan untuk bubur tim ini biasanya dilakukan sedikit lebih lama supaya teksturnya lebih lunak.

Bayi lebih baik diberikan bubur tim saat memasuki usia 9 bulanan. Karena hal ini membantu masa pertumbuhannya lebih baik, apalagi ditambah dengan aneka sayuran sebagai lauk.

Sejumlah Manfaat Dari Bubur Tim Untuk Bayi

Bubur tim sendiri mempunyai manfaat yang penting bagi si kecil, dan agar Anda lebih memahaminya maka simak apa saja manfaatnya di bawah ini.

1. Sebagai Sumber Energi si Kecil

Seiring dengan berjalannya waktu, anak Anda akan mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Untuk menunjang kebutuhan energinya agar bisa bergerak lincah, maka pemberian MPASI sangat diperbolehkan. Memang masih membutuhkan ASI, tapi itu saja tidak akan cukup sehingga diperlukan makanan pendamping.

Kandungan karbohidrat dan berbagai zat gizi lainnya yang ada di bubur tim mampu membuat anak Anda bergerak ke sana kemari dan mengeksplorasi banyak hal. Karena energinya sudah terpenuhi yang mana membuatnya tak lemas, serta lebih kreatif.

2. Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tubuh si kecil membutuhkan tambahan nutrisi yang baik agar ia tidak gampang sakit-sakitan. Terutama dengan semakin seringnya ia berinteraksi dengan dunia luar yang kadang cuacanya berubah-ubah atau banyak bakteri dan kuman yang menempel di tubuhnya.

Pemberian bubur tim yang tepat dan memenuhi gizi akan membuat anak Anda lebih kuat sistem kekebalan tubuhnya. Karena biasanya ada kandungan vitamin dan lain-lain dari apa yang ia makan. Oleh karena itu, Anda harus senantiasa bersabar memberikannya makanan sekalipun kadang si kecil menolak.

Tips Memberikan Bubur Tim Agar si Kecil Suka

Memberikan bubur tim juga ada tipsnya, supaya si kecil tidak mudah bosan dan suka dengan apa yang ia makan. Salah satunya ialah memvariasikan menu agar si kecil juga bisa mencoba berbagai rasa sayuran yang ada. Tak perlu menambahkan terlalu banyak gula atau garam. Selain itu, berikan MPASI sesuai tahapan usianya.

Tekstur MPASI harus disesuaikan dengan usianya. Mulai dari halus, sedikit halus hingga agak kasar. Bagaimanapun anak Anda juga harus belajar banyak tentang makanan supaya saat besar nanti tidak pilih-pilih. Pastikan juga jika makanan sudah dimasak dengan matang dan mencucinya bersih sebelum diolah. Supaya terhindar dari berbagai kuman dan penyakit yang bisa saja menempel.

Demikianlah beberapa manfaat sekaligus tips pemberian bubur tim pada balita. Anda bisa mencari menu-menu atau resep yang mudah dimasak di internet. Karena sebenarnya membuat MPASI itu mudah dan tidak terlalu rumit. Terutama karena anak masih di tahap belajar tentang makanan yang masuk ke dalam tubuhnya.

Related Posts