Tips Menambah Berat Badan Anak Paling Aman Tapi Ampuh

Banyak orangtua khawatir saat melihat anaknya terlalu kurus. Ada beragam faktor kenapa hal tersebut bisa terjadi, misalnya  faktor genetik hingga nafsu makan anak yang bersangkutan.

Stephen R. Daniels, yang merupakan profesor pediatri di Children’s Hospital Medical Center Cincinnati menyebutkan jika berat badan anak begitu dinamis, dan dapat berubah sesuai tumbuh kembangnya.

Jika anak terlalu kurus, sebagai orang tua, kamu harus tahu tips menambah berat badan anak paling aman tapi ampuh. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba :

1. Makan harus konsisten

Jadwal makan anak yang tertata dengan baik juga bisa menambah berat badan anak dengan baik dan sehat.

Sebagai orang tua, jangan pernah membiarkan anak melewatkan jadwal makan hariannya. Pasalnya, anak bisa saja kehilangan nutrisi penting.

Jika perlu anak juga diberikan jadwal makan harian agar lebih terjaga. Jika suatu saat anak mulai mengeluh, berikan teguran ringan dan lembut seperlunya.

2. Berikan porsi makan yang lebih besar

Anak yang mampu menghabiskan porsi makan lebih dari satu, ada baiknya memberikannya satu porsi tambahan makanan lagi.

Misalnya, berikan satu gelas susu yang porsinya lebih banyak. Jangan lupa menambahkan potongan buah yang memiliki kandungan nutrisi tinggi.

Dengan tambahan porsi makan tersebut, pastinya akan menjadi terbiasa makan dalam porsi yang banyak. Lambat laun berat badan anak menjadi bertambah.

3. Pilih makanan yang mengandung kalori tinggi

Anak yang kurus biasanya membutuhkan kalori tinggi pada asupan makannya. Oleh karena itu, Anda harus memastikan makanan yang dikonsumsi anak mengandung kalori tinggi.

Untuk mengetahui hal tersebut, baca saja label nutrisi pada makanan yang dikonsumsi anak. Memberi anak asupan kalori tinggi akan mempercepat penambahan berat badan anak.

Hanya saja, jangan terlalu berlebihan saat memberi makanan berkalori tinggi. Pasalnya rawan terkena obesitas yang akhirnya malah merugikan anak.

4. Berikan jus buah dan juga susu rendah lemak.

Saat anak sedang haus, tawari anak dengan minuman berkalori yang populer, misalnya jus dan juga susu.

Dibanding hanya memberi air putih biasa, memberikan jus buah dan susu rendah lemak akan sangat bagus untuk menambah berat badan.

Selain untuk menambah berat badan, jus buah juga bagus untuk menjaga kekebalan tubuh. Akhirnya, anak terhindar dari beragam penyakit.

5. Berikan kacang-kacangan, alpukat atau minyak zaitun di menu harian

Ketiga bahan makanan yang kami berikan di atas mempunyai kadar lemak sehat yang sangat tinggi.

Di mana lemak tersebut sangat bagus untuk program menambah berat badan pada anak. Tak hanya itu juga bagus untuk mencegah peradangan.

Tips menambah berat badan anak di atas bisa dijadikan pedoman agar tubuh ideal anak bisa tercapai. Jangan lupa olahraga rutin dan tidur cukup agar hasilnya makin optimal.

Related Posts