Waspadai Gejala-Gejala Asam Lambung Naik

Waspadai Gejala-Gejala Asam Lambung Naik

Salah satu permasalahan yang mungkin terjadi di lambung adalah asam lambung naik. Permasalahan ini menjadi permasalahan umum bagian organ pencernaan, yang terjadi pada kebanyakan orang. Tapi penyakit ini tidak dapat dianggap enteng. Sebab banyak sumber penyakit berasal dari bagian pencernaan. Oleh karenanya, diperlukan kesadaran untuk menjaga kesehatan diri dengan menerapkan pola hidup sehat.

Meskipun masih banyak orang menganggap remeh gejala asam lambung naik, ada baiknya agar Anda tidak mengikuti pemikiran tersebut. Gejala ini bisa menjadi sebuah tanda akan adanya penyakit pencernaan tertentu harus segera diobati. Untuk dapat ditindak lanjuti, Anda perlu mewaspadai gejala-gejalanya.

Berbagai Gejala Dari Asam Lambung yang Naik

Berikut adalah gejala-gejala asam lambung yang naik wajib untuk diwaspadai agar segera ditindak lanjuti.

1. Nyeri Dada

Gejala pertama perlu Anda waspadai adalah adanya nyeri dibagian dada. Biasanya, nyeri dada diawali dengan rasa panas seperti terbakar di daerah perut bagian atas. Lalu rasa panas tersebut akan mulai menjalar naik ke daerah dada. Banyak kasus nyeri dada terjadi saat tubuh dalam kondisi tengah membungkuk, berbaring, serta setelah makan.

Apabila kondisi ini tidak segera mendapatkan penanganan, kemungkinan Anda mengalami GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) akan semakin besar.

2. Radang Kerongkongan

Mengalami radang kerongkongan bukan hanya terjadi karena adanya infeksi bakteri maupun virus, hal ini bisa mungkin juga terjadi adanya tanda asam lambung yang naik.

Jika Anda memiliki penyakit GERD, radang kerongkongan terjadi dikarenakan asam lambung naik hingga mampu menekan bagian belakang kerongkongan. Bila kondisi ini dibiarkan, hal ini dapat menyebabkan kerusakan kerongkongan hingga esofagitis.

3.Sulit menelan

Selain mengalami radang kerongkongan, kenaikan ini akan mengakibatkan Anda kesulitan untuk menelan makanan ataupun minuman. Kesulitan menelan atau disfagia ini tidak lepas dari adanya gejala adanya radang kerongkongan. Naiknya asam lambung ke kerongkongan dapat pula menyebabkan iritasi dapat membuat saluran ini menyempit dan menyebabkan kesulitan menelan.

3. Rasa Asam di Mulut

Tidak hanya sampai dikerongkongan, naiknya asam lambung ini juga mengakibatkan mulut terasa asam. Hal ini disebabkan karena otot-otot diantara perut dan kerongkongan tidak dapat menutup sepenuhnya setelah makan. Sehingga memungkinkan naiknya asam lambung kembali ke kerongkongan. Inilah penyebab adanya rasa asam di bagian mulut.

4. Bersendawa

Bersendawa menjadi cara tubuh untuk mengeluarkan udara berlebihan di saluran pencernaan atas. Umumnya, sendawa normal adalah saat tubuh menanggapi tertelannya udara berlebih. Apabila, Anda bersendawa terus-menerus dalam jangka waktu yang dekat kemungkinan terjadi gejala asam lambung yang naik.

Itulah kelima gejala asam lambung naik yang patut untuk Anda waspadai. Lakukan pola hidup sehat untuk menjaga diri sendiri dan juga orang-orang sekitar yang disayangi agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang menyerang kesehatan, termasuk naiknya asam lambung.

Related Posts