Webinar Berbayar Saat Ini Masih Banyak Diminati Masyarakat Indonesia

Pandemi Covid-19 yang merebak  beberapa bulan ini memunculkan online event ideas dan juga rutinitas baru, antara lain webinar atau seminar yang diadakan secara daring melalui sebuah website. Webinar sebenarnya bukan hal baru. Namun, popularitasnya baru meningkat dalam dua bulan terakhir. Sekarang hampir setiap hari ada informasi  jadwal webinar, baik yang gratis maupun yang berbayar, dengan berbagai topik dan sumber yang menarik. Imogen Media Institute (ICI) dalam survei terbarunya mengungkapkan bahwa dalam new normal, webinar akan tetap menjadi mainstream tetapi telah berkembang dengan konten berbayar dan lebih serius. Dari hasil survei terhadap 100  responden di seluruh Indonesia pada  Mei 2020, 56% responden menyatakan tertarik untuk mengikuti webinar berbayar.

Pengadaan webinar berbayar selama tidak ada syarat khusus, harga terjangkau, materi menarik, dan pembicara juga memiliki nama, hal tersebut pasti bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Direktur Humas Imogen dan Prinsipal ICI melakukan survei ini untuk lebih memahami preferensi masyarakat dalam menggunakan Zoom sebagai ruang kelas online dan platform konferensi. Survei dilakukan dengan mengajukan pertanyaan pilihan ganda tentang penggunaan Zoom kepada target 100 orang dari seluruh Indonesia, yang terdiri dari 61% pria dan 39% wanita. Responden sebagian besar adalah kaum milenial dengan  usia 2.635 tahun, yang berasal dari berbagai latar belakang pendidikan. Menurut survei tersebut,  responden rela mengeluarkan budget untuk menghadiri webinar berbayar berdasarkan kemampuan ekonomi dan kebutuhan pribadi. Di antara responden yang menyatakan tertarik untuk mengikuti webinar berbayar, 60% di antaranya bersedia membayar  antara Rp 100.000 hingga Rp 200.000. Sementara itu, 13% responden  bersedia membayar lebih dari Rs 200.000 dan 8% bersedia membayar jika harganya kurang dari Rs 100.000. “Penting bagi mereka bahwa permintaan webinar berbayar yang mereka minati menyertakan konten atau materi yang inspiratif dan eksklusif yang berbicara tentang masalah teknis dan gender,” jelas Jojo memperkenalkan pembicara terkenal dan menarik”. Hingga 60% responden juga bersedia mengikuti webinar berbayar asalkan memiliki konten yang inspiratif karena ingin mempelajari hal baru dan merasa termotivasi. 51% responden menginginkan konten eksklusif berkualitas yang  jarang ditemukan di webinar lain.

Web based seminar atau yang biasa disingkat sebagai webinar berhasil menjadi alternatif sharing atau pembelajaran selama masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini. Seminar ini menjadi ajang diskusi untuk membahas berbagai macam hal mulai dari perkembangan ekonomi, peluang pekerjaan, harga ethereum dalam Kripto, investasi saham, dan masih banyak lagi. Dengan bermodalkan laptop atau bahkan handphone dengan sinyal memadai saja, kamu sudah bisa ikut serta dalam acara webinar tidak peduli di mana kamu berada. Selain itu kamu juga bisa mengikuti acara ini di sela-sela kesibukan kamu.

Related Posts